Minggu, 24 Juli 2022

Strategi untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika


 

Motivasi belajar sangat penting bagi siswa karena mempengaruhi seberapa banyak mereka belajar dari suatu kegiatan belajar atau banyaknya informasi yang mereka serap. Siswa yang termotivasi untuk belajar akan menggunakan kognitif yang lebih tinggi dalam mempelajari materi sehingga dapat menyerap dan menangkap dengan lebih baik.

Menurut Dimyati dan Mudjiono (2002) pentingnya motivasi belajar bagi siswa adalah :

(1) menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses, dan hasil akhir;

(2) menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya;

(3) mengarahkan kegiatan belajar;

(4) membesarkan semangat belajar; dan

(5) menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja (disela-selanya ada istirahat atau bermain) yang berkesinambungan, individu dilatih untuk menggunakan kekuatannya sedemikian rupa sehingga dapat berhasil

Kelima hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya motivasi yang harus diwujudkan oleh pelaku itu sendiri. Jika motivasi itu disadari oleh siswa, maka tugas belajar akan selesai dengan baik

 

Strategi untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika

 

Perhatikan celah materi yang tidak dipahami siswa

Guru harus mempelajari apa yang siswa benar-benar tidak mengerti untuk meningkatkan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk mempelajari materi. Guru berusaha menjelaskan berbagai jenis latihan yang berbeda satu sama lain dan masih berhubungan dengan materi yang sama. Siswa akan menemukan motivasi ini untuk belajar lebih giat.

Temukan pola atau cara khusus

Guru harus mempelajari apa yang siswa benar-benar tidak mengerti untuk meningkatkan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk mempelajari materi. Guru berusaha menjelaskan berbagai jenis latihan yang berbeda satu sama lain dan masih berhubungan dengan materi yang sama. Siswa akan menemukan motivasi ini untuk belajar lebih giat.

Bersemangat ketika mengajar matematika

Guru harus mempelajari apa yang siswa benar-benar tidak mengerti untuk meningkatkan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk mempelajari materi. Guru menjelaskan tentang jenis-jenis latihan yang berbeda satu sama lain dan masih berkaitan dengan materi yang sama. Siswa akan menemukan motivasi ini untuk belajar lebih giat.

Memberi tantangan ada siswa

Memberi tantangan sangat penting untuk menciptakan antusiasme siswa dalam belajar. Namun, guru harus memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Karena tujuan diberikan tantangan ini adalah untuk menyemangati bukan menurunkan minat siswa.

Memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata

Contoh penerapan materi dalam kehidupan nyata dapat diberikan oleh guru di awal pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar siswa menjadi kritis terhadap materi yang akan dijelaskan oleh guru. Guru juga dapat membantu menghubungkan matematika dengan karir yang mereka inginkan di masa depan. Misalnya, guru menjelaskan manfaat teori probabilitas yang dapat diterapkan ketika siswa belajar jurusan aktuaria.

 

Reference

Tisa, C. (Mar 12, 2018). Strategi untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika.

0 komentar:

Posting Komentar