MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Konsep
pembelajaran Contextual Teaching and Learning membantu guru menghubungkan
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya
dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan konstruktivisme, bertanya,
penyelidikan, pembelajaran komunitas, pemodelan, dan penilaian otentik.
Penerapan
pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan
pendekatan pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk mengaitkan materi
pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang dapat ditemuinya. Siswa lebih
tertarik belajar matematika dengan pembagian kelompok, dan mereka mengembangkan
keterampilannya dalam menjelaskan apa yang telah dipelajarinya kepada teman
lain. Pemberian contoh dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan oleh guru
dapat membantu siswa memahami materi dan memecahkan masalah.
Langkah-langkah
pendekatan Contextual Teaching and Learning telah digunakan dalam pembelajaran
matematika. Anak akan belajar lebih bermakna, melakukan kegiatan inkuiri, dan
mengembangkan rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan berbagai pertanyaan.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning meningkatkan minat belajar siswa
pada materi fungsi. Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat
meningkatkan minat belajar siswa.
Nanggulan,
S. M. P. N., & Progo, K. (2016). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA
KELAS VIIIC SMP N 2 NANGGULAN KULON PROGO. 1–20.
0 komentar:
Posting Komentar