Menurut Slameto (2003:2), belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari interaksinya sendiri dengan lingkungannya. Belajar dapat diperoleh dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Pengalaman dapat digunakan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.
Motivasi
belajar adalah dorongan internal dan eksternal peserta didik yang sedang
belajar untuk mengadakan perubahan
perilaku. Motivasi belajar adalah proses yang memberi semangat belajar, arah dan
kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang
penuh energy, terarah dan bertahan lama.
Peserta didik yang mulai melakukan perubahan perilaku seringkali dapat merasakan motivasi
belajar berupa dorongan internal dan eksternal. Proses yang disebut motivasi
belajar adalah proses yang memunculkan semangat belajar. Prestasi belajar cenderung
meningkat jika minat belajar meningkat.
Berikut beberapa upaya seorang siswa
untuk meningkatkan minat belajar terhadap matematika:
1.Tumbuhkan rasa suka atau cinta pada
pelajaran matematika
2.Berikan sugesti positif . Contohnya, saya pasti
bisa menjawab soal matematika
3.Teruslah berlatih dengan sabar dan
ulet
4.Pantang menyerah jika menghadapi
soal-soal yang menantang
Reference
Cahyuni, S. D. (9
Agustus 2019). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Matematika.
0 komentar:
Posting Komentar