Rabu, 06 Juli 2022

Upaya Meningkatkan Minat Belajar matematika




 

Menurut Slameto (2003:2), belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari interaksinya sendiri dengan lingkungannya. Belajar dapat diperoleh dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Pengalaman dapat digunakan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal peserta didik yang sedang belajar  untuk mengadakan perubahan perilaku. Motivasi belajar adalah proses yang memberi semangat belajar, arah dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energy, terarah dan bertahan lama.

Peserta didik yang mulai melakukan perubahan perilaku seringkali dapat merasakan motivasi belajar berupa dorongan internal dan eksternal. Proses yang disebut motivasi belajar adalah proses yang memunculkan semangat belajar. Prestasi belajar cenderung meningkat jika minat belajar meningkat.

Berikut beberapa upaya seorang siswa untuk meningkatkan minat belajar terhadap matematika:

 

1.Tumbuhkan rasa suka atau cinta pada pelajaran matematika

2.Berikan sugesti positif . Contohnya, saya pasti bisa menjawab soal matematika

3.Teruslah berlatih dengan sabar dan ulet

4.Pantang menyerah jika menghadapi soal-soal yang menantang


Reference

Cahyuni, S. D. (9 Agustus 2019). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Matematika.

 

0 komentar:

Posting Komentar